Results for kebersamaan translation from Indonesian to Javanese

Human contributions

From professional translators, enterprises, web pages and freely available translation repositories.

Add a translation

Indonesian

Javanese

Info

Indonesian

sebelumnya marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat allah swt, atas rahmat dan karunianya kita semua dapat berkumpul di pagi yang cerah ini dalam keadaan sehat wal'afiat. shalawat serta salam semoga tercurahkan pada nabi muhammad saw, kepada keluarganya, sahabatnya, dan semoga kepada kita sebagai pengikutnya. kali ini saya akan menyampaikan pidato tentang "kebersihan lingkungan sekolah" teman teman, ketahui bahwa lingkungan merupakan tempat hidup bagi semua makhluk hidup. oleh karena itu marilah kita bersama-sama melestarikan lingkungan. salah satu cara melastarikan lingkungan adalah menjaga kebersihannya. menjaga kebersihan lingkungan dapat kita mulai dari hal hal kecil, tetapi terkadang sangat sulit kita lakukan yaitu membuang sampah pada tempat nya. pada saat ini rasa peduli pada lingkungan di kalangan kita sebagai murid sangatlah kurang. terbukti di setiap tempat masih terdapat sampah berserakan. padahal tempah sampah yang disediakan sekolah telah memadahi. di setiap sudut sekolah terdapat tempat sampah, dan didalam kelas pun terdapat tempat sampah. namun kurangnya kesadaran dari kita, membuat sekolahan kita menjadi kotor. sebagai penutup, saya hanya ingin menyampaikan pesan dari pidato saya dengan menyampaikan sebuah pepatah, kebersihan adalah sebagian dari iman.dengan ini saya berharap teman teman peduli dan sadar dengan penting nya kebersihan lingkungan. demikian yang dapat saya sampaikan kurang lebih nya mohon maaf wabillahi taufik wal hidayah wassalamualaikum wr. wb

Javanese

google agensi nganti jawa indonesia

Last Update: 2014-09-25
Usage Frequency: 3
Quality:

Reference: Anonymous
Warning: Contains invisible HTML formatting

Indonesian

1. guru : kamu lo dari mana aja kok baru masuk kelas murid : saya dari kantin bu guru : dari kantin, kamu gak denger belnya udah bunyi daritadi. udah kelas 12 kok gk ngerti tepat waktu. besok kalau kamu telat lagi gak akan saya bolehin masuk kelas. 2. guru : anak anak sekarang pr kemarin dikumpulkan ya. di kumpulkan didepan nanti tak nilai. yang tidak mengerjakan silahkan keluar. 3. guru : tugasmu mana. dari kemarin gak pernah ngerjakan. terus nanti ibu ngisi nilai kamu gimana tak kasih nol aja ya. udah tak kasih keringanan waktu ya tetap aja gak dikerjakan. niat sekolah apa nggak sih kamu. 4. guru : le, kamu lo gak pernah masuk kenapa. kamu udah kelas 12 bukan waktunya main main harus serius. apa lagi alasan kamu sekarang. kemarin lo ibu liat kamu cangkrukan nek warung. kalau kamu gini terus tak panggil orang tuamu 5. guru : cita cita mu jadi apa murid : jadi guru bu guru : kenapa kok pengen jadi guru murid : karena guru pekerjaan yang mulia buk. guru bisa membuat pintar muridnya tanpa mengharap imbalan. 6. guru : ada apa kok pada ngumpul disini, dijaga jaraknya kita harus menerapkan protokol kesehatan. loh le mana maskermu dipake jangan dilepas. 7. ibu : ndok, ibu belikan sayur sama bawang di pasar. disana murah-murah, nanti sekalian belikan kakek bubuk kopi. kopinya habis. 8. ibu : ndok kok gak belajar, katanya besok ulangan. la kok hpnan aja. cepet belajar sana 9. ibu : di sekolahan jangan nakal ya. kamu sudah besar udah tau mana yang benar mana yang salah dijaga omongan sama perbuatannya jangan sampe nyakitin hati orang lain 10. ibu : ndok, kamu besok gak ada tugas to?. anak : gak ada buk. ada apa? ibu : besok bapakmu mau daud gak ada temennya kamu bantuin ya. soalnya ibu besok mau tandur di sawah mbah ijah. ibu : iya buk mau kok aku bisa 11. ibu : ndok lang maem iki lo wes mateng anak : nggeh buk matur suwun nangin kula isih dereng lesu 12. bapak : ndok, kamu kan udah selesai semesternya ayok besok kita pergi kekota jalan jalan. anak : wahh pak ada acara apa bapak : gak ada acara apa apa pengen aja jalan jalan sekeluarga nanti adikmu ajak sekalian 13. mbak yu : bajunya tak pake pantas gak dek. kelihatan gendut apa nggak adek : tidak mbakyu pantes kok gk keliatan gendut

Javanese

1. guru : kamu lo dari mana aja kok baru masuk kelas murid : saya dari kantin bu guru : dari kantin, kamu gak denger belnya udah bunyi daritadi. udah kelas 12 kok gk ngerti tepat waktu. besok kalau kamu telat lagi gak akan saya bolehin masuk kelas. 2. guru : anak anak sekarang pr kemarin dikumpulkan ya. di kumpulkan didepan nanti tak nilai. yang tidak mengerjakan silahkan keluar. 3. guru : tugasmu mana. dari kemarin gak pernah ngerjakan. terus nanti ibu ngisi nilai kamu gimana tak kasih nol aja ya. udah tak kasih keringanan waktu ya tetap aja gak dikerjakan. niat sekolah apa nggak sih kamu. 4. guru : le, kamu lo gak pernah masuk kenapa. kamu udah kelas 12 bukan waktunya main main harus serius. apa lagi alasan kamu sekarang. kemarin lo ibu liat kamu cangkrukan nek warung. kalau kamu gini terus tak panggil orang tuamu 5. guru : cita cita mu jadi apa murid : jadi guru bu guru : kenapa kok pengen jadi guru murid : karena guru pekerjaan yang mulia buk. guru bisa membuat pintar muridnya tanpa mengharap imbalan. 6. guru : ada apa kok pada ngumpul disini, dijaga jaraknya kita harus menerapkan protokol kesehatan. loh le mana maskermu dipake jangan dilepas. 7. ibu : ndok, ibu belikan sayur sama bawang di pasar. disana murah-murah, nanti sekalian belikan kakek bubuk kopi. kopinya habis. 8. ibu : ndok kok gak belajar, katanya besok ulangan. la kok hpnan aja. cepet belajar sana 9. ibu : di sekolahan jangan nakal ya. kamu sudah besar udah tau mana yang benar mana yang salah dijaga omongan sama perbuatannya jangan sampe nyakitin hati orang lain 10. ibu : ndok, kamu besok gak ada tugas to?. anak : gak ada buk. ada apa? ibu : besok bapakmu mau daud gak ada temennya kamu bantuin ya. soalnya ibu besok mau tandur di sawah mbah ijah. ibu : iya buk mau kok aku bisa 11. ibu : ndok lang maem iki lo wes mateng anak : nggeh buk matur suwun nangin kula isih dereng lesu 12. bapak : ndok, kamu kan udah selesai semesternya ayok besok kita pergi kekota jalan jalan. anak : wahh pak ada acara apa bapak : gak ada acara apa apa pengen aja jalan jalan sekeluarga nanti adikmu ajak sekalian 13. mbak yu : bajunya tak pake pantas gak dek. kelihatan gendut apa nggak adek : tidak mbakyu pantes kok gk keliatan gendut

Last Update: 2021-03-03
Usage Frequency: 1
Quality:

Reference: Anonymous

Indonesian

ayah: nak, kesini. ayah sama ibu mau bicara anak: ada apa yah? ayah: apa rencanamu ke depan setelah lulus smp, nak? anak: oh. aku ingin masuk ke sekolah kejuruan, yah. ibu: kejuruan? gak salah nak? kenapa gak ke sma saja? nanti kamu bisa kuliah dengan pilihan terbaik. anak: aku ingin segera mengembangkan bakat mekanikku, yah. lagian setelah tamat smk kan bisa kuliah juga. ayah: iya, tapi nanti kamu akan kesulitan kalau mau kuliah karena jurusannya terbatas dan kemampuan akademiknya juga kurang siap. jadi, ayah sarankan ke sma saja, ya! anak: waduh ayah gimana sih. emangnya ayah hang mau sekolah? lagian kalo nanti gak kuliah, aku bisa langsung kerja di perusahaan otomotif. ayah: masa, zaman sekarang tidak kuliah? apa kata orang? anak: ayah tenang saja, semuanya sudah aku pikirkan. ayah doakan saja supaya aku mudah meraih cita cita. ayah: yasudah kalau itu mau kamu. anak: iya, yah.

Javanese

Last Update: 2021-02-25
Usage Frequency: 1
Quality:

Reference: Anonymous

Indonesian

belum pulih dari banjir bandang beberapa waktu lalu, kecamatan masamba, kabupaten luwu utara, sulawesi selatan kembali dilanda banjir, selasa (4/8/2020) malam. banjir susulan terjadi karena hujan deras mengguyur bagian hulu kecamatan masamba sejak selasa siang, yang membuat sungai masamba meluap dan merendam permukiman warga di kelurahan bone tua, kelurahan bone dan desa baloli dengan ketinggian banjir bervariasi antara 50 hingga 80 sentimeter. kepala pelaksana bpbd luwu utara muslim muchtar mengatakan, selain pemukiman warga, banjir juga merendam jalan trans sulawesi masamba, yang membuat kendaraan tak dapat melintas. muslim mengatakan, di sejumlah titik permukiman warga terendam hingga satu meter, yang membuat warga mengungsi ke tempat yang lebih aman. banjir yang terjadi saat ini merupakan banjir susulan setelah sebelumnya pada tiga pekan lalau diterjang banjir setinggi dua meter yang membawa material berupa pasir bercampur kayu. sejumlah relawan yang masih berada di lokasi pengungsian seperti pmi, act dan lainnya kini melakukan evakuasi terhadap warga bersama bpbd luwu utara. pantauan di lokasi, banjir yang mulai meluap sejak selasa (4/8/2020) petang membuat warga panik dan berlarian menjauh dari area sekitar sungai untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

Javanese

Last Update: 2021-03-14
Usage Frequency: 1
Quality:

Reference: Anonymous

Indonesian

d: ass... put p: waala... dev, ada apa? d: tgl tujuh belas agustus kemaren, dikampungmu apa ada acara peringatan kemerdekaan? p: pada hari kemerdekaan kemaren dikampungku sepi, tidak ada acara peringatan seperti tahun-tahun sblmnya d: wah sama, sayang sekali ya, karena pandemi kita tidak bisa melaksanakan tradisi tahunan mempringati kemerdekaan p: bener banget, tapi kemaren aku mengikuti imbauan pemerintah untuk hormat kepada bendera merah putib pada jam 10.17 d: aku juga melakukan, dari berita yang saya dengar, imbauan tersebut dilakukan untuk mempringati detik detik proklamasi p: selain hormat selama 3 menit, saya juga menyaksikan acara pengibaran merah putih di istana negara lewat youtube d: saya juga menyaksikan, pengibaran tahun ini juga berbeda dari tahun-tahun sebelumnya p: benar, pasukan pengibar jauh lebih sedikit, ditambah mereka juga memakai masker saat upacara d: semua itu karena mereka juga harus meetuhi protokol kesehatan, karena selama masa pandemi semua orang punya kemungkinan tertular penyakit. p: benar, walaupun perayaan kemerdekaan tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, tetapi kita harus tetap menumbuhkan rasa cinta tanah air indonesia. d: kita semua harus berjuang melawan covid, dengan selalu mematuhi protokol kesehatan p: selalu memakai masker, jaga jarak, dan rajin cuci tangan. d: betul, berjuang bersama melawan covid p: supaya bisa merdeka dari penyakit covid d: haha, benar p: hahahaha

Javanese

Last Update: 2020-08-22
Usage Frequency: 1
Quality:

Reference: Anonymous

Indonesian

kamu itu nanti disana mau tinggal sama siapa? bandung itu jauh loh mba. yakin bisa tinggal tanpa mama dan papa

Javanese

Last Update: 2020-05-01
Usage Frequency: 1
Quality:

Reference: Anonymous

Indonesian

pahlawan pandemi mereka bekerja baik siang maupun malam menyimpan lelah dalam-dalam mereka tak bisa berkumpul bersama keluarga demi menyelamatkan banyak raga mereka satu per satu gugur namun semangatnya tak pernah luntur mereka berkorban susah payah kita bantu dengan tetap di rumah artikel ini telah tayang di kompas.com dengan judul "contoh puisi bertema covid-19", klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2020/12/23/174327369/contoh-puisi-bertema-covid-19?page=all. penulis : rosy dewi arianti saptoyo editor : nibras nada nailufar download aplikasi kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat: android: https://bit.ly/3g85pka ios: https://apple.co/3hxwj0l

Javanese

Last Update: 2021-03-05
Usage Frequency: 1
Quality:

Reference: Anonymous
Warning: Contains invisible HTML formatting

Indonesian

ruwat bumi adalah tradisi yang dilakukan oleh masyarakat desa purwadadi yang merupakan suatu kebudayaan yang mencerminkan kehidupan masyarakatnya. ruwat bumi ini dilaksanakan sebagai ungkapan rasa syukur terhadap tuhan yang maha esa atas keberhasilan panen pertanian dan sebagai tolak bala serta penghormatan terhadap nenek moyang yang telah berjasa meningkatkan taraf hidup masyarakat desa purwadadi. selain itu, ruwat bumi atau ngaruwat sama dengan ngarawat atau ngamumule yang berarti ngerawat bumi atau tanah agar terhindar dari malapetaka atau bencana. dengan demikian masyarakat yang melaksanakan upacara ruwat bumi percaya bahwa mereka akan terhindar dari dari ancaman dan bahaya. manfaat pada pelaksanaan tradisi ruwat bumi yaitu gotong royong, bersilaturahmi, bertanggung jawab dan disiplin

Javanese

Last Update: 2020-12-17
Usage Frequency: 1
Quality:

Reference: Anonymous

Indonesian

sama, aku juga tidak mengerti

Javanese

Last Update: 2020-05-13
Usage Frequency: 1
Quality:

Reference: Anonymous

Indonesian

sama, aku juga tidak mengerti disana

Javanese

Last Update: 2021-03-30
Usage Frequency: 1
Quality:

Reference: Anonymous

Indonesian

sama, aku juga tidak mengerti disana

Javanese

sama, aku juga tidak mengerti disana

Last Update: 2021-03-30
Usage Frequency: 1
Quality:

Reference: Anonymous

Indonesian

ikatan geografi indonesia memberikan definisi geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan, dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan, dan juga lingkungan dalam konteks keruangan

Javanese

ikatan geografi indonesia memberikan definisi geografi adalah ilmu yang mempelajari persamaan, dan perbedaan fenomena geosfer dengan sudut pandang kewilayahan, dan juga lingkungan dalam konteks keruangan

Last Update: 2020-12-04
Usage Frequency: 2
Quality:

Reference: Anonymous

Indonesian

ada kiasa yang berbunyi adiguna, adigung, adigang, adigang kiasan kijang, adigung kiasan gajah dan adiguna kiasan ular. ketiganya mati bersamaan

Javanese

google agensi nganti jawa indonesia

Last Update: 2014-09-30
Usage Frequency: 1
Quality:

Reference: Anonymous

Indonesian

adek kenapa sih gak pernah aktif apa adek udah bosan dan gak mau lagi berkomunikasi sama mas

Javanese

google agensi nganti jawa indonesia

Last Update: 2014-09-21
Usage Frequency: 1
Quality:

Reference: Anonymous

Indonesian

aku fikir pulang cepet ternyata sama aja

Javanese

google translation javanese indonesian

Last Update: 2014-02-07
Usage Frequency: 1
Quality:

Reference: Anonymous

Indonesian

aku jatuh cinya sama kamu

Javanese

google agensi palembang

Last Update: 2014-07-17
Usage Frequency: 1
Quality:

Reference: Anonymous

Indonesian

aku kira kamu beda dari yang lain ternyata sama

Javanese

google agensi nganti jawa indonesia

Last Update: 2014-10-26
Usage Frequency: 1
Quality:

Reference: Anonymous

Indonesian

aku percayakan diri ini untuk hidup bersama mu

Javanese

google agensi nganti jawa indonesia

Last Update: 2014-10-30
Usage Frequency: 1
Quality:

Reference: Anonymous

Indonesian

aku sama teman teman

Javanese

google agensi saka basa jawa - kamardikan

Last Update: 2014-09-17
Usage Frequency: 1
Quality:

Reference: Anonymous

Indonesian

aku sayang sama kamu

Javanese

sayang kamu

Last Update: 2014-10-17
Usage Frequency: 1
Quality:

Reference: Anonymous

Get a better translation with
4,401,923,520 human contributions

Users are now asking for help:



We use cookies to enhance your experience. By continuing to visit this site you agree to our use of cookies. Learn more. OK