Results for kemenkes ri translation from Indonesian to English

Human contributions

From professional translators, enterprises, web pages and freely available translation repositories.

Add a translation

Indonesian

English

Info

Indonesian

tunjukkan kreativitas anda dengan mencoba menciptakan rasa unik da ri apa yang umumnya disajikan.

English

indulge your sweet tooth to invent a unique version of this loved street food.

Last Update: 2021-05-09
Usage Frequency: 1
Quality:

Reference: Agwingate
Warning: This alignment may be wrong.
Please delete it you feel so.

Indonesian

halo, perkenalkan nama saya gabriela tesalonika lelengboto, saya berasal dari teknologi laboratorium medis poltekkes kemenkes manado, saat saya ingin menceritakan pengalaman saya pada bulan april

English

hello, my name is gabriela tesalonika lelengboto, i come from medical laboratory technology poltekkes ministry of health manado, when i want to tell my experience in april

Last Update: 2021-11-08
Usage Frequency: 1
Quality:

Reference: Anonymous

Indonesian

tepat berada di bawah afghanistan yang memiliki 21.487 kasus aktif orang yang terinfeksi virus corona. kementerian kesehatan ri melaporkan jumlah penerima v aksin covid 19 di indonesia mencapai 107.503.228 orang. bertambah 833.258 dari data sabtu (16/10) pukul 12.00 wib mencapai 106,6 juta orang. persentase penerima vaksin dosis pertama sebesar 51,62 persen dari target vaksinasi 208.265.720 orang. sementara penerima vaksin dosis kedua sebanyak 62.73 2.568 orang atau setara dengan 30,12 persen. m

English

just below afghanistan which has 21,487 active cases of people infected with the coronavirus. the indonesian ministry of health reported the number of recipients v action of covid 19 in indonesia reached 107,503,228 people. an increase of 833,258 from saturday data (16/10) at 12.00 wib reached 106.6 million people. the percentage of first-dose vaccine recipients was 51.62 percent of the vaccination target of 208,265,720 people. while the recipients of the second dose of the vaccine as many as 62.73 2,568 people or equivalent to 30.12 percent. m

Last Update: 2021-10-22
Usage Frequency: 1
Quality:

Reference: Anonymous

Indonesian

ia menjadi sosok perempuan yang menyumbang jasa besar bagi tanah air dan dikenal sebagai pahlawan nasional yang memperjuangkan kesetaraan gender di indonesia. berkat sumbangan pemikiran yang telah diberikan kartini kepada indonesia, presiden soekarno pun mengeluarkan keputusan presiden ri no. 108 tahun 1964, pada 2 mei 1964. dalam keputusan tersebut, kartini ditetapkan sebagai pahlawan kemerdekaan nasional. selain itu, soekarno juga menetapkan tanggal 21 april sebagai hari kartini. hari terse

English

she became a female figure who contributed a great service to the country and was known as the national hero who fought for gender equality in indonesia. thanks to the thought contribution that kartini has given to indonesia, president soekarno also issued decree of the president of the republic of indonesia no. 108 of 1964, on may 2, 1964. in the decision, kartini was designated as the national independence hero. in addition, soekarno hatta also designated april 21st as kartini day and terse day.

Last Update: 2022-03-26
Usage Frequency: 1
Quality:

Reference: Anonymous

Indonesian

sesuai peraturan menteri kesehatan no. 82 tahun 2013 tentang sistem informasi manajemen rumah sakit, yaitu setiap rumah sakit wajib menyelenggaraan simrs, serta melaksanakan pengelolaan dan pengembangan simrs. pengembangan simrs di rskd ibu dan anak pertiwi makassar telah dilaksanakan, tetapi untuk pengelolaan simrs masih terdapat beberapa kendala yaitu kurangnya minat dan keterampilan operator dalam menjalankan simrs, komputer yang sudah tua, jaringan yang seringkali lambat dan perubahan alur pelayanan yang sering terjadi. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi permenkes no. 82 tahun 2013 tentang simrs dalam pengelolaan dan pengembangan (studi kasus rskd ibu dan anak pertiwi makassar) dan bermanfaat dapat memberikan informasi dan gambaran kepada rumah sakit tentang bagaimana implementasi simrs di rumah sakit.

English

the essence of the analysis of the implementation of regulation of the minister of health no. 82 of 2013 concerning simrs in the management and development (case study rskd of mothers and children pertiwi makassar) sri devi pelamonia institute of health sciences jl garuda no. 3ad makassar email: sridevi1528@gmail.com in accordance with the regulation of the minister of health no. 82 of 2013 concerning hospital management information system, namely every hospital is obliged to implement simrs, as well as carry out the management and development of simrs. development of simrs at rskd ibu d

Last Update: 2022-06-27
Usage Frequency: 1
Quality:

Reference: Anonymous

Indonesian

habas adalah hiasan leher dan dikenakan pada acara-acara tradisional atau seperti festival hut ri. sejarah habas ndao yang kami wawancarai mengatakan bahwa habas diketahui dan begitu diajarkan oleh tradisi bahwa orang yang menemukannya tidak diketahui. habas ini dibuat menggunakan alat dan bahan seperti:

English

habas are neck decorations and is worn during traditional occasions or such as the festival of hut ri. the history of habas the ndao we interviewed says that habas is know and so taught by tradition that the person who found it is unknown. these habas are made using tools and materials such as :

Last Update: 2021-12-08
Usage Frequency: 1
Quality:

Reference: Anonymous

Indonesian

masjid istiqlal (arti harfiah: masjid merdeka) adalah masjid nasional negara republik indonesia yang terletak di bekas taman wilhelmina. masjid ini merupakan salah satu dari 10 masjid terbesar kapasitasnya di dunia yang dapat menampung lebih dari 200.000 jamaah. di seberang timur masjid ini berdiri gereja katedral jakarta. imam besarnya adalah prof. dr. nasaruddin umar, m.a. dan ketua badan pelaksana pengelola masjid istiqlal sekarang adalah laksma (purn) h. asep saefuddin. selain digunakan sebagai aktivitas ibadah umat islam, masjid ini juga digunakan sebagai kantor berbagai organisasi islam di indonesia, aktivitas sosial, dan kegiatan umum. pembangunan masjid istiqlal telah dimulai sejak masa presiden pertama ri soekarno, sekitar tahun 1950-an. pada 7 desember 1954, dibentuk pengurus harian yayasan masjid istiqlal dengan ketua umum h anwar tjokroaminoto. pada tahun 1955 diadakan sayembara desain masjid istiqlal yang diketuai mr. assaat. pengumuman sayembara disebarluaskan melalui surat kabar pada 22 februari 1955 dengan judul "sayembara rencana gambar masjid istiqlal". dari berbagai karya yang masuk dalam sayembara, terpilihlah desai hasil karya tangan asitek bernama frederich silaban dengan sandi “ketuhanan”. setelah terpilih, presiden soekarno, sebagai ketua dewan juri, meminta frederich untuk menyempurnakan desainnya. melalui upacara resmi, pemancangan batu pertama baru masjid istiqlal dilakukan presiden soekarno pada 24 agustus 1961. hingga tahun 1969 atau 8 tahun setelah peletakan batu pertama, masjid istiqlal masih berupa pilar-pilar beton yang berdiri tanpa adanya atap. .pembangunan pun tak kunjung selesai hingga berganti masa kepemimpinan ke era orde baru di bawah presiden kedua ri soeharto. panitia pembangunan masjid istiqlal pun beberapa kali mengalami pergantian. presiden soeharto kala itu turun langsung menjadi ketua penyantun masjid istiqlal. ia menganggarkan dana pembangunan sejak pelita i dan ii. tepat pada 22 februari 1978, peresmian masjid terbesar di asia tenggara itu dilakukan presiden soeharto. bangunan utama masjid istiqlal terdiri dari lima lantai dan satu lantai dasar dengan gaya arsitektur modern. bagian dinding dan lantai dilapisi marmer dan dihiasi ornamen geometrik dari bahan baja antikarat. terdapat satu kubah besar dengan diameter 45 meter yang ditopang 12 tiang penyangga. istiqlal juga dilengkapi dengan satu menara tunggal setinggi 96,66 meter di sudut selatan selasar masjid. setelah proses yang panjang, akhirnya masjid istiqlal berdiri kokoh dan menjadi masjid terbesar di indonesia bahkan salah satu dari 10 masjid terbesar kapasitasnya di dunia yang mampu menampung lebih dari 200.000 jamaah . dengan adanya masjid istiqlal ini sebagai umat muslin di indonesia kita harus bangga karena mempunya masjid istiqlal.

English

Last Update: 2021-02-22
Usage Frequency: 1
Quality:

Reference: Anonymous
Warning: Contains invisible HTML formatting

Indonesian

biografi sultan hasanuddin - ayam jantan dari timur sultan hasanuddin lahir di makassar, sulawesi selatan, 12 januari 1631 dan meninggal di makassar, sulawesi selatan, 12 juni 1670 pada umur 39 tahun, adalah raja gowa ke-16 dan pahlawan nasional indonesia yang terlahir dengan nama i mallombasi muhammad bakir daeng mattawang karaeng bonto mangepe. setelah memeluk agama islam, ia mendapat tambahan gelar sultan hasanuddin tumenanga ri balla pangkana, hanya saja lebih dikenal dengan sultan hasanuddin saja. dia diangkat menjadi sultan ke 6 kerajaan gowa dalam usia 24 tahun (tahun 1655). sementara itu belanda memberinya gelar de haav van de oesten alias ayam jantan dari timur karena kegigihannya dan keberaniannya dalam melawan kolonial belanda. sultan hasanuddin lahir di makassar, merupakan putera kedua dari sultan malikussaid, raja gowa ke-15. sultan hasanuddin memerintah kerajaan gowa, ketika belanda yang diwakili kompeni sedang berusaha menguasai perdagangan rempah-rempah. gowa merupakan kerajaan besar di wilayah timur indonesia yang menguasai jalur perdagangan. pada tahun 1666, di bawah pimpinan laksamana cornelis speelman, kompeni berusaha menundukkan kerajaan-kerajaan kecil, tetapi belum berhasil menundukkan gowa. di lain pihak, setelah sultan hasanuddin naik takhta, ia berusaha menggabungkan kekuatan kerajaan-kerajaan kecil di indonesia bagian timur untuk melawan kompeni. peperangan antara voc dan kerajaan gowa (sultan hasanuddin) dimulai pada tahun 1660. saat itu belanda dibantu oleh kerajaan bone yang merupakan kerajaan taklukan dari kerajaan gowa. pada peperangan tersebut, panglima bone, tobala akhirnya tewas tetapi aru palaka berhasil meloloskan diri dan perang tersebut berakhir dengan perdamaian. akan tetapi, perjanjian dama tersebut tidak berlangsung lama karena sultan hasanuddin yang merasa dirugikan kemudian menyerang dan merompak dua kapal belanda , yaitu de walvis dan leeuwin. belanda pun marah besar. lalu belanda mengirimkan armada perangnya yang besar yang dipimpin oleh cornelis speelman. aru palaka, penguasa kerajaan bone juga ikut menyerang kerajaan gowa. sultan hasanuddin akhirnya terdesak dan akhirnya sepakat untuk menandatangani perjanjian bongaya pada tanggal 18 november 1667. pada tanggal 12 april 1668, sultan hasanuddin kembali melakukan serangan terhadap belanda. namun karena belanda sudah kuat maka benteng sombaopu yang merupakan pertahanan terakhir kerajaan gowa berhasil dikuasai belanda. hingga akhir hidupnya, sultan hasanuddin tetap tidak mau bekerjasama dengan belanda. sultan hasanuddin kemudian mengundurkan diri dari takhta kerajaan dan wafat pada tanggal 12 juni 1670. untuk menghormati jasa-jasanya, pemerintah menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepadanya dengan sk presiden ri no 087/tk/1973. kapitan pattimura (1783 -1817) posted by admin on november 11th, 2008 1 comment printer-friendly pahlawan nasional dari maluku kapitan pattimura yang bernama asli thomas matulessy, ini lahir di negeri haria, saparua, maluku tahun 1783. perlawanannya terhadap penjajahan belanda pada tahun 1817 sempat merebut benteng belanda di saparua selama tiga bulan setelah sebelumnya melumpuhkan semua tentara belanda di benteng tersebut. namun beliau akhirnya tertangkap. pengadilan kolonial belanda menjatuhkan hukuman gantung padanya. eksekusi yang dilakukan pada tanggal 16 desember 1817 akhirnya merenggut jiwanya. perlawanan sejati ditunjukkan oleh pahlawan ini dengan keteguhannya yang tidak mau kompromi dengan belanda. beberapa kali bujukan pemerintah belanda agar beliau bersedia bekerjasama sebagai syarat untuk melepaskannya dari hukuman gantung tidak pernah menggodanya. beliau memilih gugur di tiang gantung sebagai putra kesuma bangsa daripada hidup bebas sebagai penghianat yang sepanjang hayat akan disesali rahim ibu yang melahirkannya. dalam sejarah pendudukan bangsa-bangsa eropa di nusantara, banyak wilayah indonesia yang pernah dikuasai oleh dua negara kolonial secara bergantian. terkadang perpindahtanganan penguasaan dari satu negara ke negara lainnya itu malah kadang secara resmi dilakukan, tanpa perebutan. demikianlah wilayah maluku, daerah ini pernah dikuasai oleh bangsa belanda kemudian berganti dikuasai oleh bangsa inggris dan kembali lagi oleh belanda. thomas matulessy sendiri pernah mengalami pergantian penguasaan itu. pada tahun 1798, wilayah maluku yang sebelumnya dikuasai oleh belanda berganti dikuasai oleh pasukan inggris. ketika pemerintahan inggris berlangsung, thomas matulessy sempat masuk dinas militer inggris dan terakhir berpangkat sersan. namun setelah 18 tahun pemerintahan inggris di maluku, tepatnya pada tahun 1816, belanda kembali lagi berkuasa. begitu pemerintahan belanda kembali berkuasa, rakyat maluku langsung mengalami penderitaan. berbagai bentuk tekanan sering terjadi, seperti bekerja rodi, pemaksaan penyerahan hasil pertanian, dan lain sebagainya. tidak tahan menerima tekanan-tekanan tersebut, akhirnya rakyat pun sepakat untuk mengadakan perlawanan untuk membebaskan diri. perlawanan yang awalnya terjadi di saparua itu kemudian dengan cepat merembet ke daerah lainnya diseluruh maluku. di saparua, thomas matulessy dipilih oleh rakyat untuk memimpin perlawanan. untuk itu, ia pun dinobatkan bergelar kapitan pattimura. pada tanggal 16 mei 1817, suatu pertempuran yang luar biasa terjadi. rakyat saparua di bawah kepemimpinan kapitan pattimura tersebut berhasil merebut benteng duurstede. tentara belanda yang ada dalam benteng itu semuanya tewas, termasuk residen van den berg. pasukan belanda yang dikirim kemudian untuk merebut kembali benteng itu juga dihancurkan pasukan kapitan pattimura. alhasil, selama tiga bulan benteng tersebut berhasil dikuasai pasukan kapitan patimura. namun, belanda tidak mau menyerahkan begitu saja benteng itu. belanda kemudian melakukan operasi besar-besaran dengan mengerahkan pasukan yang lebih banyak dilengkapi dengan persenjataan yang lebih modern. pasukan pattimura akhirnya kewalahan dan terpukul mundur. di sebuah rumah di siri sori, kapitan pattimura berhasil ditangkap pasukan belanda. bersama beberapa anggota pasukannya, dia dibawa ke ambon. di sana beberapa kali dia dibujuk agar bersedia bekerjasama dengan pemerintah belanda namun selalu ditolaknya. akhirnya dia diadili di pengadilan kolonial belanda dan hukuman gantung pun dijatuhkan kepadanya. walaupun begitu, belanda masih berharap pattimura masih mau berobah sikap dengan bersedia bekerjasama dengan belanda. satu hari sebelum eksekusi hukuman gantung dilaksanakan, pattimura masih terus dibujuk. tapi pattimura menunjukkan kesejatian perjuangannya dengan tetap menolak bujukan itu. di depan benteng victoria, ambon pada tanggal 16 desember 1817, eksekusi pun dilakukan. kapitan pattimura gugur sebagai pahlawan nasional. dari perjuangannya dia meninggalkan pesan tersirat kepada pewaris bangsa ini agar sekali-kali jangan pernah menjual kehormatan diri, keluarga, terutama bangsa dan negara

English

tranlate

Last Update: 2015-02-15
Usage Frequency: 1
Quality:

Reference: Anonymous

Indonesian

ada tuturan satua siap selem ngelah panak pitung ukud, olagan ane paling cenika. ada kone kuuk maumah dadi anatah, masih ngelah panak enu cenik-cenik. sai-sai i kuuk ngae daya apang sida ia ngamah i siap selem, sabilang peteng ada nagih batisne, “icang tendas me, icang basangne me, icang kibulne me, icang kampidne me, icang baongne me.” keto pada tetagihan panak-panakne i kuuk, nagih ngamah i siap selem. dadi mawanan ningeh i siap selem teken bakal kaamah, dadiannya ia ngalih upaya mangdene nyidayang matilar uli ditu. gelising crita panakne ane nemnem suba pada samah bulu kampidne, sakewala ane paling cenika dogen liglig reh tan pabulu. suba kone inganan tengah lemeng, i siap selem matuturan teken panakne, “nak cai-cai jani ajak makejang makeber abete sakaukud, matinggal uli dini. yen enu pade nongos dini sinah amaha teken i kuuk.” ditu lantas ane paling gedene nyumuin makeber, berber, burbur, suaak. lantas matakon i kuuk, “ih siap badeng apa ento ulung?” “inggih, daun tingkih ipan”. buin makeber ane lenan, berber, burbur, suaak. “siap badeng apa ento ulung?” “daun tiing ipan.” makejang panakne suba makeber sakewala enu i olagan dogen. dening ia tan pakampid dadi keweh pesan memenne, lantas kapituturin, “cai dini kutang meme, tan urungan cai lakar amaha teken i kuuk. nah ene pitutur meme teken cai, yang di kadine cai bakal tagih amaha teken i kuuk, kene abete masaut, “inggih jero wayan ne mangkin kantun ben tiange belig, yang pungkuran sampun tiang gede makadi tumbuh kampid, irika ja becik ulam tiange daar jerone, keto abete masaut.” suba kone keto i siap selem makeber ninggal i olagan. nu kone i olagan dogen pati sulsul kiak-kiak. lantas kadingeh teken i kuuk i olagan kiak-kiak padidiana.” kenken dadi i olagan kauk-kauk padidiana, kija ya memenne? beh ento jenenga ane ibi sanja orahanga don tiing, tingkih, timbul, ia jenenga makeber uli dini.” lantas nyagjag panak kuuke makejang nagih ngamah i olagan, rencananne nagih pakpaka.” ih jero wayan mangkin da tadaha tiang, ben tiange kari belig malih pahit. pungkuran yan sampun tiang ageng, tumbuh kampid, rah tiange akeh, ri kala irika rarisang sapakayunan!” dadiannya kaidepang teken i kuuk, kaingon kamelah-melahang. critayang suba kone i olagan, bulunyane samah, janggarne janggar pulas, tlatahne lambih, lantas kema kone kuuke makejang nagih ngamah ia. “inggih jero wayan, mangkin ja nyandang sampun tiang baksa, nanging wenten pisangken tiang ring jerone, keburang dumun tiang ping solas mangda sumbrah getih tiange becik ajengang jerone malih akeh keni. ri sampune puput ping solas tiang makebur, rarisang sampun baksa titiang!” dadi tutut i kuuk lantas kakebur-keburang i olagan. “inggih jero wayan mangkin malih apisan batekang pisan ngeburang!” lantas kasangetang ngeberang kanti tegeh, bur i olagan nambung ngalih meme nyamane di tengah bete. enggang bungutne i kuuk, kauk-kauk ngaukin memenne, “kenken ja baan meme, cai, nyai demen ngugu munyinne, jani awake payu kado, nah endepang deweke!”

English

“hari ini tepat anniv aku sama meisha yang ke 4 tahun, tapi apa dia ingat ya kurasa tidak, dia sudah sangat berubah, ya sudah lah lupakan”. lalu ray pergi bergegas ke kampusnya untuk kuliah, dan sesampainya di kampus ray disamperi oleh jhon sahabatnya. “woi ray, tumbenan baru datang, mikirin apaan?” “haha, sorry bro gue lagi bingung nih”. “bingung kenapa lagi?” “hari ini bertepatan anniv gue sama meisha, lu tau kan? kami udah 4 tahun kalau gak putus”. “aduh aduh, udah ngapain mikirin dia? udah tenang, tadi gue dapat kabar dari anak anak katanya ada mahasiswi baru di kelas kita”. “serius lu jhon? gimana gimana? cucok kaga?” “katanya sih cucok, b*haay brooo eh udah bel, yuk kita masuk”. di kelas “pagi anak anak”. “pagi pak!” “hari ini kita kedatangan teman baru, mahasiswi baru namanya meisha, meisha sini masuk” meisha memasuki kelas, semua mata tertuju padanya “nah ini dia mahasiswi baru kita, meisha kenalkan dirimu pada teman teman”. “nama saya meisha, saya asli bandung, saya pindahan dari bandung, saya baru disini”. melamun + berbicara dalam hati “meisha? apakah ini meisha yang dulu mengisi hari hari ku? tapi kenapa wajahnya sangat berbeda, sungguh cantik dan menawan” “baik meisha, kamu duduk dimana ya”. “ray! ray!” tersadar dari lamunan nya “hah? iya pak?” “di sebelah kamu kosong kan?” “iya pak kosong”. “ya sudah meisha duduk disana saja, semoga bisa mengikuti pelajaran dengan cepat ya”. “iya pak, makasih pak”. lalu meisha duduk di sebelah ray, dan tiba bel istirahat “ehh, nama nya siapa tadi?” “meisha” “nama yang manis, semanis orangnya hehe, gue ray ricardo, sering dipanggil ray”. meisha berbicara dalam hati “ray? apakah kamu ray yang dulu bersama ku? yang selalau aku sakiti? jika iya, aku sangat merindukan mu ray” “hey! kenapa melamun?” “ehh? tidak tidak kok, maaf maaf”. “haha gak papa, ke kantin yuk”. “boleh boleh”. lalu mereka ke kantin, dan hingga jam pulang ray menghampiri meisha “hey meisha” “eh iya ray? ada apa?” “pulang sama siapa?” “jalan kaki nih, soalnya deket kok dari kampus”. “haha gue anterin ya?” “ciee ray, udah main nyosor aja lu kayak kupu kupu ke bunga mawar” “ahh lu ganggu aja” “eh meisha, kalau lu diapa-apain sama dia teriak aja panggil nama gue 3 kali, palingan gue gak datang kwkwkwk”. “haha apaan..” “udah ah gue duluan ya”. “haha memang dia agak aneh tuh sha”. “ya udah yuk kita sambil jalan”. di sepanjang perjalanan mereka bercerita “eh jadi lu sebelumnya di bandung ya?” “iya gue di bandung, kalau lu nya?” “sama sama, gue juga gue baru disini”. “ohh gitu toh, hehe”. “oh ya, dulu lu alumni sma mana? sma atau smk?” “gue alumni smk, dari smk punya ome di bandung”. dalam hati ray “astaga tuhan, apa dia bener bener meisha” “oh ya, kalau lu sendiri dari mana?” “emm gue juga dari sana sih, ehh kita sudah pernah kenal belum ya sebelumnya?” meisha dalam hati “kalau gue bilang udah, takutnya kalau dia beneran tau gue meisha yang udah nyakitin dia, dia gak mau deket kayak gini lagi sama gue” “maaf ray, kayak nya belum deh hehe”. “belum ya? oh iya, alesan lu milih kampus ini kenapa?” “ohh gue sama mantan gue dulu udah janji kami bakalan 1 kampus, tapi gue datangnya telat, dan ternyata gue tanyain dosen-dosennya, gak ada nama mantan gue itu di kampus ini”. “ohh gitu toh” dalam hati “kok alesannya sama ya, pasti ini meisha, gue gak salah lagi.” “oh iya nama mantan lu emang siapa ya?” “nama mantan gue? emm, mantan gue namanya brian”. “ohh brian toh” dalam hati “kok beda ya sama nama gue, hmm apa bukan meisha ya” “haha bagus ya nama dia kalian udah berapa bulan emang?” “hari ini kami anniv yang ke 4 tahun sedih aja kalau gue ingat semua kenangan gue dengan dia”. “oh ya? wah lumayan lama juga tuh, eh ini rumah kamu kan?” “iya, gue duluan ya ray? makasih ya”. “sama sama”. di sepanjang jalan pulang ray berpikir pikir untuk memastikan apakah dia benar benar meisha atau tidak, dan besok paginya dia ke kampus tapi dia tidak bertemu dengan meisha, dan dia bertanya kesana kemari kabar meisha gimana. “jhon, lu ada lihat meisha kaga?” “kan dia gak masuk ray”. “kenapa?” “katanya sih dia sakit, dia ke rumah sakit mau check up”. “sakit apaan ya dia?” “mana gue tau, emang gue bokap nya”. “ya sudah, gue mau ke rumah nya aja ya”. ray menuju ke rumah meisha, dan setibanya disana “permisi, permisi”. “iya siapa ya?” “saya ray bu, temen nya meisha”. “ohh silahkan masuk nak”. “iya makasih bu”. “meisha nya lagi sakit nak, dia ada di atas di kamarnya”. “kalau boleh tau dia sakit apa ya bu?” “dia itu terkena tumor otak nak, jadi kata dokter jika penyakitnya kambuh dia akan pingsan”. “hah? serius bu? ya ampun kasihan meisha saya boleh ke kamar nya bu? temani saya”. “ayo nak, kita ke atas”. lalu ray melihat meisha terbaring lemah di atas kasur nya “bu saya pamit pulang ya, kalau meisha sudah sadar bilang ke dia saya titip salam dengan dia”. “iya nak, kamu hati hati bawa mobil nya ya”. “iya bu”. ray menuju ke rumahnya pulang, dan beberapa jam kemudian meisha sadar “sha, tadi temen kamu datang”. “siapa bu?” “ray, dia titip salam buat mu”. “ray? dia sangat mirip dengan ray masa lalu ku bu aku takut jika dia benar benar ray dan dia tau keadaan ku sperti ini dia menjauhi ku”. “dia sudah tau kok nak, dan dia malah mau ngerawat kamu”. keesokan harinya ray telat bangun, dan ia tidak bisa ke kampus, dan di kampus meisha mencari cari ray namun tidak ada hasil, dan hingga pukul 7 malam ray ingin pergi ke cafe, ia membawa mobil dengan keadaan tidak baik, dan pada saat yang sama meisha baru pulang belajar kelompok dan ketika ia ingin menyebrang ia melamun dan mobil ray melaju kencang, tanpa melihat ada orang di depannya ray menabrak orang tersebut dan ia adalah meisha, lalu meisha terkapar dengan darah yang mengucur dari sekujur tubuh nya, ray tanpa pikir panjang langsung kabur, dan warga sekitar mendatangi meisha dan membawanya ke rumah sakit “sh*t! kok bisa ray lu nabrak orang tadi? kalau mati gimana gawat, mobil ini gak boleh gue pake, gue harus jual mobil ini”. keesokan harinya, di kampus “jhon lu lihat meisha kaga?” “meisha? loh lu gak tau infonya ya tadi malam? kan temen temen pada buat pm, sama nge bm anak anak kampus buat jenguk dia nanti di rumah sakit”. “loh? meisha sakit apa lagi?” “bukan sakit dodol! dia kecelakaan, dia jadi korban tabrak lari tadi malam pas mau nyebrang sehabis belajar kelompok”. ray terdiam “jangan jangan! yang gue tabrak itu meisha?” “oi! lu ikut kaga?” “kemana?” “jenguk meisha lah dodol, kemana lagi” “ohh iya gue ikut nanti”. lalu mereka menuju rumah sakit menjenguk meisha “eh gue ikut masuk ya ke dalam? gue pengen banget lihat dia”. “ya udah ayo bareng sama gue”. dalam hati ray “maafin gue sha gue gatau kalau lu bakalan jadi gini karena gue mudah mudahan lu nya kaga apa apa ya” “kasihan banget ya ray meisha” “kasihan kenapa jhon?” “ternyata dia kena tumor otak, untung saja dia masih dapat bertahan hidup, dan lebih parahnya dia sekarang lumpuh”. ray batuk “uhuk uhuk”. “lu kenapa ray?” “gak papa jhon, keselek air liur gue sendiri kayaknya” “sudah sudah, ayo kita keluar”. dan akhirnya mereka pergi keluar, dan ray menjalani hari harinya seperti biasa di kampus dan sampai meisha datang kembali lagi “eh meisha. lu udah masuk lagi?” “eh ray, iya nih udah agak baikan, tapi sayangnya gue sekarang lumpuh” “hmm, sakit gak sha?” “ya iya lah cuma gak terlalu”. “kalau boleh tau kenapa lu bsa jadi gini ya?” “gue pun gak ingat banget, yang pasti di malam itu disaat gue mau nyebrang ada mobil yang melaju kencang dan gue tercampak lalu gue gak ingat apa apa lagi”. “trus sampe sekarang ada yang ngakui gak kesalahan nya udah nabrak lu?” “gak ada ray polisi pun gak bisa nemuin mobilnya yang nabrak itu. oh iya ngomong ngomong mobil lu mana?” “haha, udah gue jual, mesinnya udah agak rusak, mendingan jalan kaki atau naik angkot” “haha bener bener sehat ya kan?” “iya sha, eh jadi lu udah maafin yang nabrak lu itu?” “tuhan aja mau maafin hambanya, kenapa gue tidak? tapi masalahnya dia itu gak ada datangin gue, atau santunin gue, dia pergi gitu aja, brengsek banget ya kan. kalau orang itu ada di depan gue, gue bakalan tusuk tusuk matanya pake garpu”. “mak? jangan lah sha kasihan dia”. “kasian gue lah haha kaga lah, gue gak akan sekejam itu. eh temenin cari makan yuk, gue lapar”. “yuk yuk sini gue dorongin”. lalu mereka pergi mencari makan dan sampe si ray mengantar meisha pulang, dan itu ray lakukan terus menerus sampai meisha check up ke rumah sakit juga, dan hingga akhirnya meisha telah dapat berjalan normal lagi “ray, gue sekarang udah normal lagi” “hehe, gue juga ikut seneng sha” “ini semua berkat kamu ray, berkat tuhan juga” “iya sha, ehh lu mau temenin gue gak ke toko buku? cari cerpen terbaru?” “boleh boleh”. lalu mereka pergi ke mall dan setibanya disana “haha, nyampe juga ya” “iya nih, wah kangen suasana mall gini bareng mantan gue dulu ray, kami berdua paling seneng ke mall, ke toko buku juga, sama kayak kamu ini nih” “iya kah? wahh bagus tuh” “hehe jelas dong” ray batuk batuk “uhuk uhuk uhuk!” mengeluarkan darah dari mulutnya “ray? lu kenapa? kok ada darah?” “gak papa kok sha, udah biasa kayak gini”. “aduh, kita ke rumah sakit aja yuk sekarang, ayo”. “gak usah sha, kita pulang aja lah ya? kapan kapan aja kita ke mall nya”. “ya udah deh, kamu banyak istirahat ya”. “andai meisha tau gue kena kanker paru paru gimana ya, apa dia masih mau kayak gini ke gue?, sudahlah, gue berharap dia masih mau” keesokan hari nya “ray, sebenarnya lu sakit apa sih?” “gue kaga apa apa kok”. “kita ke rumah sakit yuk, kalau lu hargai gue ikut gue” “ya udah ya udah kita ke rumah sakit” sesampainya di rumah sakit “sha, gue check up dulu ya” “iya, gue tungguin disini ya”. beberapa lama kemudian. “anda siapa nya ray?” “saya? saya temen dekat nya dok, bagaimana keadaan ray?” “ray sebenarnya mengidap penyakit kanker paru paru, dan saya rasa umur dia tidak lama lagi, soalnya beliau sudah sampai di stadium 3″. “hah? dokter serius?” “saya serius”. “eh ray, kita pulang ya” “iya sha, terserah kamu nya saja” lalu mereka pergi pulang “ray, lu kenapa gak mau cerita selama ini ke gue kalau lu terkena kanker paru paru?” “gue takut sha! takut”. “takut kenapa? hah?” “gue takut lu bakal ninggalin gue setelah lu tau gue begini”. “astaga ray, gak akan gue ninggalin lu, berniat gitu pun gak ada!” “ya sudah lupain” “uhuk uhuk” “kan lu batuk lagi, itu darah nya ada lagi” “gue gak papa kok, gue istirahat dulu ya, gue pamit masuk ke dalam, lu hati hati di jalan”. di dalam kamar ray mengambil sebuah kertas dan ia menulis kata kata permintaan maaf untuk meisha. hari semakin hari meisha semakin memperhatikan ray, karena keadaan ray yang semakin memburuk, dan hingga akhirnya ray pun mengalami lumpuh sebelah badan nya meisha mendatangi rumah ray dan membawa ray pergi ke sebuah tempat yang dimana adalah tempat kenangan mereka dulu di saat pacaran. “ray, lu tau ini tempat apa?” ray menggelengkan kepalanya “ini tempat kenangan gue sama mantan gue dulu”. ray tersenyum “ray, gue mau jujur nih sama lu boleh? tapi jangan marah ya” ray menganggukkan kepalanya “bener ya?” ray menganggukkan kepalanya “hmm, jadi gini, sebenarnya mantan gue itu namanya ray, dan orangnya mirip banget sama lu, semua yang kita cerita ini di awal ketemu itu sama dengan masa lalu gue, dan gue sebenarnya udah yakin bahwa ray yang gue cari cari selama ini adalah lu, dan ray bakalan nepatin janji nya yaitu bakalan bersama sampai tuhan memisahkan kami nantinya, tapi aku melakukan kesalahan, aku selingkuhi dia, dan aku menyesal”. ray tersenyum dan meneteskan air mata “lu kenapa nangis?” ray menggelengkan kepalanya, menunjuk kantong baju nya “ada apa di kantong baju mu?” ray mengarahkan tangan meisha ke kantong nya mengambil sebuah kertas “kertas ini? apa? gue baca ya?” ray menganggukkan kepalanya “gue disini mau cerita yang sebenarnya, sebenarnya dari awal kita ketemu gue udah ada feeling kalau lu itu adalah meisha yang selama ini ngisi hari hari gue, dan gue selalu berdoa kepada tuhan agar ia mempertemukan kita lagi, dan hingga kita dipertemukan di kampus punya ome, gue sangat senang, kita bisa dekat lagi, kita bisa bersama lagi, apalagi lu masih ingat semua kenangan kenangan kita, tapi gue sangat takut, takut banget! gue takut kehilangan lu, mungkin apalagi ketika lu udah baca di kata kata berikutnya, nah sekarang coba lu baca di bawah. sha, gue mau ngaku dan gue mau jujur dan terlebih lagi gue mau minta maaf! minta maaf yang sebesar besarnya, sebenarnya yang buat kaki lu jadi lumpuh itu adalah gue, gue yang udah nabrak lu, dan waktu itu gue bingung antara nolong lu atau tidak, jadi gue lari saja, dan gue gak tau kalau itu adalah lu, gue tau nya setelah dapat kabar dari jhon keesokan harinya, tapi gue senang lu udah tau yang sebenarnya, sekarang gue udah tenang sha, gue udah ikhlas kalau tuhan harus misahin kita saat ini juga, di saat lu baca surat ini, gue rasa lu bakalan dapat yang lebih baik dari gue, cuman 1 hal yang gue minta, jangan pernah lupain gue sha!, ray! orang yang paling menyayangi lu, sekaligus nyakiti lu, swkali lagi gue minta maaf, gue sangat sangat sayang sama lu, love you meisha!” “ray!, ini semua mimpi kan? gue lagi mimpi kan ray?” sambil menangis, “yang buat gue lumpuh, yang buat gue cacat, yang buat gue hampir frustasi bukan lu kan ray?” ray menangis “gue gak butuh air mata lu ray!, gue minta lu jawab! yang lakuin ini semua beneran lu?” ray menangis dan menganggukkan kepalanya “gue benar benar kecewa dengan lu ray, lu jahat! lebih jahat dari gue ternyata” mendorong ray dan meninggalkan ray ray terjatuh dan tersungkur di atas tanah sambil menangis. ketika meisha ingin meninggalkan ray, meisha teringat kata kata ray “jangan pernah lupain gue sha” dan akhirnya meisha kembali menghampiri ray, mengangkat ray dari tanah, dan memeluk ray, lalu ia berkata… “ray, lu ingat lagu kenangan kita kan? gue bakalan nyanyiin buat lu, gue mau lu tetap hidup ray” ray menangis “oke gue bakalan nyanyi” dalam keadaan menangis dan tersedu-sedu heart beats fast colors and promises how to be brave how can i love when i’m afraid to fall but watching you stand alone all of my doubt suddenly goes away somehow one step closer i have died everyday waiting for you darling don’t be afraid i have loved you for a thousand years i’ll love you for a thousand more. “ray, itu kan lagu kenangan kita? gue udah nyanyi in buat lu, lu kuat ray, kita bakalan tetap bersama kan?, ray lu jawab, jangan tinggalin gue! gue sayang sama lu ray, ray! gue gak bakalan berhenti sayang dan cintai lu sampe 1000 tahun ray” namun semua ucapan meisha sia sia, ray telah pergi meninggalkan meisha untuk selamanya, ray pergi di pelukan meisha, ray dan meisha sama sama sangat saling menyayangi, namun tuhan lebih sayang kepada ray, sehingga ray di panggil duluan menghadap nya

Last Update: 2014-08-28
Usage Frequency: 1
Quality:

Reference: Anonymous

Indonesian

abstrak pusat jantung terpadu merupakan salah satu pelayanan yang di berikan kepada pasien yang dalam keadaan sakit berat, perlu perawatan khusus memerlukan pantauan ketat dan terus menerus serta tindakan segera, pelayanan pjt harus mampu memberikan tunjangan ventilasi mekanis yang lebih lama. pelayanan pjt sesuai peraturan menteri kesehatan no.519/menkes/per/iii/2011 tentang pedoman penyelenggara pelayanan pelayanan anesthesiology dan teraphi intensive di rumah sakit .fasilitas dan peralatan pada ruang pjt meliputi, tempat tidur electric, pulse oximetry, electrocardiograph, patien monitor, suction pump,alat ventilasi, defibrillator, ventilator, infusepump, syringepump, ecg, tensi meter digital, tensi meter air raksa, holter recorder, echocardiogrraph, infusion pump, syringe pump, treadmil, dan lampu exm mobile untuk tindakan. energi listrik pln menjadi sumber energi utama di gedung pjt. keberadaan pjt sebagai ruang emergency dirumah sakit menjadikan energy listrik selalu ada dan tersalurkan secara baik. namun hingga kini masih dijumpai adanya pemadaman tiba – tiba dari pln. pemadaman ini dapat mengganggu tindakan perawatan digedung pjt. guna mengatasi hal tersebut maka diperlukan backup supplay listrik dengan menggunakan genset dan ups sebagai supplay energy listrik. pada penelitian akan membahas penggunaan genset dan ups apabila supplay listrik utama dari pln tidak menyuplai tegangan maka alih fungsi genset dan ups yag bekerja untuk memberikan supplay listrik pada gedung pjt di rumah sakit.kata kunci,back up supplai listrik dengan menggunakan genset dan ups pada gedung pjt.

English

query length limit excedeed. max allowed query : 500 chars

Last Update: 2017-09-18
Usage Frequency: 1
Quality:

Reference: Anonymous
Warning: Contains invisible HTML formatting

Indonesian

pada tahun-tahun awal maskapai ini beroperasi, pesawat garuda diterbangkan oleh pilot-pilot klm karen apada waktu itu belum ada tenaga pilot dan teknisi bangsa indonesia. mulai tahun 1951, garuda indonesian airways merekrut calon penerbang anak bangsa untuk mengikuti pendidikan penerbang. tepatnya pada tanggal 15 januari 1951 kementerian perhubungan bagian penerbangan sipil dengan pengumuman no. 492.017/3.27.51 mengajak para pemuda untuk dididik menjadi penerbang sipil. setelah melewati seleksi, para calon penerbang diberangkatkan ke sekolah penerbang pertama di tanah air yang bernama akademi penerbangan indonesia (api) yang berlokasi di curug, banten. pada tahun 1960, terjadi pergolakan trikora untuk merebut kembali irian barat. pada bulan desember 1960 dikirim satu kontingen garuda untuk mengambil-alih perusahaan penerbangan belanda di irian barat yang bernama kroonduif. kontingen garuda ini dipimpin oleh capt. r.m. syafei djajakusuma. dalam persiapan penyerangan ke irian barat beberapa pesawat garuda beserta awak pesawatnya diperbantukan kepada auri. salah satu pesawat garuda, convair 240/340 menjadi pesawat komando yang dipakai oleh komandan operasi mandala. selain untuk merebut kembali irian barat, para penerbagn garuda terlibat aktif dalam peristiwa-peristiwa bersejarah dalam tahun-tahun berikutnya. menurut keputusan pemerintah, penerbang garuda diperbantukan kepada auri dalam rangka menumpas pemberontakan prri/permesta. penerbang-penerbang tersebut menjadi perwira-perwira dari wing 011 auri. perjuangan para penerbang garuda terus berlanjut di antaranya dalam memperjuangkan integrasi timor timur. sejarah telah mencatat bahwa partisipasi penerbang-penerbang garuda sebagai kekuatan udara republik indonesia telah dijalani dengan gemilang, ketika negara menghadapi keadaan bahaya berturut-turut. penerbang-penerbang garuda tidak hanya dituntut berperan secara profesional dalam tugasnya menerbangkan pesawat komresiil, tetapi juga merupakan kekuatan cadangan udara yang mendukung potensi kekuatan udara negara republik indonesia. oleh karena perasnan stategis, baik untuk kepentingan pembangunan maupun bidang hankam, maka berdasarkan undang-undang ri no. 20 tahun 1982 dan sesuai dengan keputusan kepala staf tni angkatan udara nomor: kep/27/iv/1986, garuda indonesia merupakan kekuatan cadangan udara nasional dibawah pembinaan tni au.

English

grup reporting

Last Update: 2016-06-24
Usage Frequency: 1
Quality:

Reference: Anonymous

Some human translations with low relevance have been hidden.
Show low-relevance results.

Get a better translation with
4,401,923,520 human contributions

Users are now asking for help:



We use cookies to enhance your experience. By continuing to visit this site you agree to our use of cookies. Learn more. OK